Sabtu, 13 Januari 2018

Masalah Budaya Membaca

Jadi, temen Akiko baru aja curhat ke Akiko soal ini. Dia ikutan sebuah event kan ya, dan dia ada yang salahnya. Terus si admin eventnya langsung nyindir soal budaya membaca.

Gak salah sih, nyindir kayak gitu. Since Akiko juga seneng nyindir budaya membaca. Gak make sense gitu kalau orang protes gegara kesalahannya sendiri alias gak baca. Apalagi karena hobi Akiko baca dan nulis, jadi Akiko merasa ini hal yang serius banget dikalangan orang Indonesia.

Sebelum ada yang protes, "Kenapa Indonesia doang? Negara lain juga ada kali yang minim baca!" tolong baca dulu. Kenapa Akiko cuma nyorot Indonesia itu, karena Akiko CUMA TAU INDONESIA. Oke? Akiko gatau gimana budaya baca di negara lain dan belum sempet melakukan penelitian atau survey di negara lain. Bukan berarti Akiko bilang semua orang Indonesia begitu, karena kalau gitu berarti Akiko juga termasuk karena Akiko lahir dan besar di ibu pertiwi. Jadi sekali lagi Akiko tekankan, sebagian orang Indonesia itu males baca. Bukan semua orang Indonesia itu males baca. Dapat dimengerti kan?

Dan sebelum ada yang bash Akiko karena ini, Akiko cuma mau bilang, Akiko punya hak untuk menyampaikan pendapat Akiko

Yah, Akiko bagi pengalaman aja dulu untuk permulaan. Jadi, Akiko itu post video di Facebook. Video itu disertai caption yang udah tertulis jelas, "Kenapa mereka rusuh sekali? 😂 Met tau baru ya mas, sukses terus."

Seperti yang bisa dilihat, caption Akiko gak bilang ada yang aneh dengan video itu.

Akiko kan sudah menunjukkan bahwa Akiko gak ada masalah sama video itu, maupun kejanggalan, sama sekali gak ada. Tapi, tetiba ada yang komen begini :
"Itu orang Jepang?"

Akiko kira awalnya dia gatau apa itu orang Jepang atau Korea. Karena ya, penampilan orang di video itu emang gak begitu keliatan orang Jepang, dan areanya pun gak kayak Jepang karena emang mereka lagi di Rusia. Jadi Akiko jawab aja, "Iya itu orang Jepang."

Terus dia bales lagi, "Ada yang aneh dari sana kah? Perasaan aku biasa aja deh, atau mataku yang rabun?"

Iya, matamu rabun karena gak baca captionku.

SEE?!

Akiko gak bilang ada yang aneh, Akiko post juga karena mau share ke temen-temen. Yang janggal itu cuma karena mereka kelewat rusuh.

Kan kesel jadinya. Kalau gitu ngapain lah pake caption, kalau pada akhirnya nanya sesuatu yang udah jelas.

Udah gitu dianya pake emot pacman, bikin kesel. Akiko emang kurang suka sama pengguna emot pacman, rasanya mereka cuma main-main. Kalau beneran main-main sih gapapa ya, tapi Akiko gasuka kalau setiap saat emot itu lewat.

Meski dulu Akiko pengguna emot pacman. Sekarang Akiko dah gak pake lagi, dan kalau liat tulisan Akiko yang pake emot itu, mata Akiko iritasi seketika.

Oke balik lagi, Akiko gak masalahin orang-orang buta huruf, karena mereka mungkin emang gak diajarin waktu kecilnya. Entah karena faktor ekonomi, atau emang males belajar baca. Mereka gak sepenuhnya salah. Nah ini, orang-orang berpendidikan, SD udah lewat, bahkan ada yang SMP juga udah lewat, bahkan udah kerja juga ada. Mereka tetep aja males baca.

Kalian yang udah SD-SMP-SMA-kuliah-kerja mau disamain sama yang gak berpendidikan?

Terus gini, ini masalah sama orang tua Akiko. Akiko kan termasuk orang yang posesif, dan paling gak suka kalau ada yan ngambil barang di kamar Akiko, apalagi merch. Terus Akiko juga gak suka kalau ada yang ganggu Akiko pas lagi nulis ataupun belajar. Mood Akiko hilang seketika kalau ada yang ganggu. Nah, semua itu Akiko tulis dan tempel di depan pintu kamar.

Dan mereka masih aja begitu. Gimana gak kesel.
Dan mereka itu udah kerja, udah lulus S2 bahkan ibu Akiko lagi kuliah S3. Keliatan kan ilmunya gak kepake gitu. Buat apa kuliah tinggi-tinggi kalau baca aja gak mau.

Akiko paling benci sama orang-orang begitu. Pas dimarahin pun orang-orang kayak gini bakal mengelak, ngeles, dan banyak alesan. Tulisannya kecil lah, lagi buru-buru lah, apa lah.

Tolong lah, mikir.
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pindah

AKIKO PINDAH LAPAK WWWW Jadi ke wordpress kkkk Linknya disini yak UwU Tapi beberapa rant masih tetep disini, kkkk Kenapa pindah? Ka...