Sabtu, 27 Januari 2018

Mengenai Depresi

Yah, ini sharing aja ya, karena Akiko udah dari lama pengen ngomongin ini.

Sebagai kotak curhat berjalan, Akiko udah sering dapet curhatan mengenai depresi seseorang. Dan sebagian besar dari curhatan itu faktornya sama : orang tua.

Akiko sendiri mengalami ya, semacam depresi kayak gitu. Gak terhitung berapa kali Akiko mau coba bunuh diri, motong urat nadi sendiri. Karena capek lah, kesel lah, apa lah. Maybe orang lain lebih parah dari Akiko, tapi ya ini batasan Akiko. Setiap orang punya batas kesabarannya sendiri, dan gak bisa dipaksain sama rata. Gak bisa.

Makanya itu kalo orang cerita dan dia bilang dia depresi, JANGAN SEKALI-KALI BILANG KALAU ADA YANG LEBIH PARAH DARI MASALAHNYA DIA. Dia sampe depresi begitu berarti dia udah sampe batas, dan dia gak kuat secara psikologis. Gak bisa dibilangin kalau "ini gak seberapa," karena kalau dibilangin gitu mereka bakalan mikir kalau bakal ada yang lebih buruk dan itu bakal nambahin depresi mereka.

Mayoritas orang itu, menganggap depresi dan bunuh diri itu BERLEBIHAN. Mereka anggap itu tuh hal remeh. Mereka nganggepnya orang itu gak kuat iman lah, apa lah. Biar Akiko kasih tau satu hal :

"Terus maunya mereka gimana? Melupakan semua masalah itu seakan angin lalu? Iya? Kalau gitu masalah kalian pun kami anggap angin lalu aja ya, biar impas."

Tekanan psikologis itu serius. Bener. Mereka bisa aja jadi autis gegara itu. Takut berlebih atau phobia gegara itu. Merasa gak guna gegara itu. Bahkan penyakit psikologi kayak multi personality disorder itu bisa dari depresi. Apapun itu, orang-orang paling susah itu bantuin orang depresi, dan paling gampang ngeremehin orang depresi.

Serius. Memang banyak komunitas atau lembaga atau asosiasi yang bersedia menolong orang depresi, menghibur mereka, tapi orang yang ngeremehin pun gak kalah banyak. Bagaikan rantai makanan, yang ngeremehin itu ada dipuncak. Makanya sekuat dan sebanyak apapun orang-orang yang bantu-bantu orang depresi, meski jumlahnya sama dengan peremeh, masih bakal kalah.

Ini dari sudut pandang Akiko sih ya, sebagai salah seorang yang pernah berpikir untuk bunuh diri.

Akiko sekarang mau cerita. Akiko ini sebenernya lahir dan besar di keluarga yang baik-baik, harmonis. Lingkungan yang kelihatannya gak akan menciptakan suasana depresi. Tapi kehidupan gak selalu rata kan ya. Ada kalanya orangtua Akiko berargumen, berdebat. Mereka sering marah-marah. Akiko udah ngeliat mereka marah-marah dari kecil, sewaktu masih bocah. Sampai sekarang belum juga terbiasa sama teriakan mereka.

Setiap mereka berdebat, mereka selalu bawa-bawa Akiko, adik Akiko, dan rumah kami. Gegara itu Akiko selalu merasa, "ah, aku mah gak penting disini, aku cuma bikin mereka berargumen, berantem."

Waktu kecil Akiko cuma bisa nangis. Belum tau yang namanya bunuh diri, bahkan gatau mati itu apa.

Akiko baru tau soal bunuh diri dan kematian itu, gegara satu hal. Masih sewaktu Akiko kecil. Ibu Akiko, sempet bawa-bawa piso dapur, sambil marah-marah nyodorin ke Akiko dan nyuruh Akiko ngebunuh dia. Untungnya waktu itu Akiko bisa berpikir lurus, dan cuma bisa nolak piso itu sambil nangis.

Akiko pernah bilang, Akiko pernah dibully waktu SD. Akiko dijauhin, hanya gegara waktu kelas dua Akiko ngamuk, dimakcomblangin sama temen sekelas. Akiko ditakutin. Kenapa Akiko bisa sengamuk itu, mungkin karena orang tua Akiko marah-marah dan Akiko semacam mewariskan itu. Akiko hampir gak punya sahabat, dan adanya pun "temen" if you know what i mean. Sahabat Akiko cuma 1, dan masih bertahan sampe sekarang.

Akiko masuk SMP sendirian, berbeda sendiri dari temen-temen SD Akiko. Akiko gak punya temen, dan masuk SMP tanpa temen. Gegara SD Akiko dijauhin, Akiko jadi mulai takut kenalan, dan makin kesini Akiko udah lupa gimana caranya kenalan. SMP berjalan mulus. Temen Akiko banyak. Sahabat Akiko ada….

Sampai ada kejadian pada suatu hari.

Tanpa alasan yang jelas, sahabat Akiko ngejauhin Akiko. Di BBM mereka masang status yang bikin Akiko rumasa. Akiko merasa Akiko gak penting, sampe digituin sama mereka. Akiko gatau Akiko salah apa, dan mereka gak ada yang ngasih tau letak kesalahan Akiko. Emosi Akiko meledak.

Disitu Akiko berpikir buat bunuh diri.

Akiko berniat mau nyekek diri sendiri. Tapi tau-tau salah seorang sahabat Akiko nga BBM dan minta maaf, atas nama yang lainnya.

Sebenernya kalau diliat sepele ya, dijauhin gitu. Mungkin yang lain mikirnya, "gak usah dipikirin. Manusia banyak yang bisa dijadiin temen kok."

Akiko udah dari SD sendirian. SMP Akiko selalu berpikir ingin ngulang dari awal, dimana gak ada yang bener-bener kenal Akiko dan bisa ngejatuhin Akiko. Dimana Akiko bisa dapet temen dan gak kesepian lagi. Ketika mendadak dijauhin begitu, Akiko auto nethink dan tertekan. Dan sampe sekarang masih kebawaan. In short, Akiko takut sendirian.

Begitu kelas 9, masalah orangtua Akiko makin menjadi-jadi. Argumen mereka makin liar. Setiap kali dimarahin, Akiko cuma bisa diem. Akiko udah gatau mau gimana. Masih juga kepikiran coba-coba bunuh diri, tapi masih inget dosa, inget utang. Apalagi ibu Akiko juga orangnya ekstrim, Akiko jadi merasa mungkin bunuh diri itu gak guna, dan berusaha buat ngelupain bunuh diri itu.

Lalu Akiko kepikir buat bunuh diri lagi ketika waktu pensi, orangtua Akiko gak dateng pas Akiko tampil. Padahal mereka udah janji. Akiko udah latihan berbulan-bulan buat itu, biar mereka bangga meski NEM Akiko gak sesuai harapan. Tapi mereka gak dateng. Akiko udah nangis sejadi-jadinya, dan udah megang gunting buat ngelukain diri. Tapi ya, akhirnya gak jadi karena pikiran tuh pengen bikin bangga orangtua, bukan bebanin mereka.

Masuk SMA, Akiko sempet down karena gak masuk SMA pilihan pertama Akiko. Sampe nangis-nangis. Saat itu Akiko kepikiran bunuh diri lagi, karena makin merasa diri ini gak guna. Apalagi orangtua Akiko juga menyinggung soal NEM Akiko yang pertengahan itu. Berasa udah jatoh dijatohin lagi. Dan sindirian terhadap NEM Akiko pun secara … implisit?

SMA gak semakin baik. Akiko udah gak bisa ngikutin pelajaran, gak bisa bergaul sama orang-orang selain dari ekskul dan kelas. Akiko sempet stress, frustasi gak ngerti apa-apa. Kepengen bunuh diri, dan temen-temen Akik pun gak ada yang baik. Akiko berasa tertinggal gegara mereka. Akiko nanya pun mereka gak waro. Akiko hampir sukses bunuh diri waktu itu, cuma pisonya gak nembus kulit Akiko. Mungkin karena Akiko gak cukup dalem motongnya ya, jadi malah gak jadi.

Dan baru aja kemaren, orangtua Akiko makin menyeramkan. Yang biasanya Akiko diem dan nahan nangis sampe Akiko sendirian, sekarang gak kebendung dan Akiko nangis di depan orangtua yang lagi berantem.

Beneran, Akiko ketakutan, bahkan sekarang masih merinding. Tangis Akiko pecah. Dan Akiko gak nyangka itu bisa menghentikan argumen mereka.

Sahabat Akiko yang dari SD pun begitu. Dia itu berada dalam "perlindungan" orangtuanya. Tbh, lebih kayak kekangan sih. Dia diperlakukan kayak pembantu, dan dia dilarang pergi keluar sembarangan bahkan buat kerja kelompok pun dia susah. Dia sering cerita ke Akiko, dan tangisnya tuh pecah tiap kali dia cerita.

Terus ada sahabat Akiko di Tanjung Enim. Dia pun sama, depresi. Dia dikash tekanan sama orangtuanya buat dapet nilai bagus. Begitu dia kasih nilai terbaik dia, orangtuanya gak perduli. Begitu nilainya jelek, dia dimaki-maki. Temen-temennya pun gak ada yang bisa dukung dia, karena tiap kerja kelompok dia pasti kerja sendiri. Segala sama dia, temen-temennya gak mau nanggung beban. Dan dia juga sama kayak Akiko, udah sering coba bunuh diri, bahkan dari kecil, sewaktu masih bocah.

Terus so-called-kakak Akiko. Dia juga kena tekanan dari orangtuanya. Dia sering bantu tapi seakan gak dianggap sama orangtuanya. Dia dianggap kayak gak penting, ampas. Dia udah sering curhat ke Akiko juga.

Sekali lagi, tekanan psikologis itu serius. Orang bisa mati karenanya. Bukan karena kurang kuat imannya menurut Akiko, tapi karena dia itu dijatuhkan waktu lagi di jalan menambah keimanan. Diteken-teken. Yappari, society is cruel. Kita harusnya lebih banyak ngebantu yang depresi, bukannya malah ngejatuhin.

Panjang ya, www.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pindah

AKIKO PINDAH LAPAK WWWW Jadi ke wordpress kkkk Linknya disini yak UwU Tapi beberapa rant masih tetep disini, kkkk Kenapa pindah? Ka...